Internet Of Things pada Bidang Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Menghadapi Era Society 5.0

Authors

  • I Nyoman Alit Arsana IAHN Tampung Penyang Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.107

Keywords:

Covid-19, Pendidikan, Internet of Things (IoT), era society 5.0

Abstract

Tulisan ini berawal dari masalah pandemi Covid-19 yang hampir melanda dan berdampak diseluruh negara-negara di dunia, sistem pendidikan seluruh dunia juga mengalami dampak besar yang belum perah terjadi sebelumnya. Kondisi ini memerlukan inovasi dan adaptasi teknologi informasi, karena Teknologi Informasi menjadi satu-satunya solusi dari pemberlakuan perkuliahan secara daring. Selain itu, saat ini dunia pendidikan juga mulai menyongsong era society 5.0, hal ini menjadi sebuah tantangan bagi dunia pendidikan. Internet of Things (IoT) memiliki potensi dalam mendukung transformasi digital pendidikan pada masa pandemi Covid 19 dan dalam kesiapan menghadapi era society 5.0. Tulisan ini mengungkapkan bahwa inovasi dan adaptasi teknologi terutama. Internet of Things (IoT) sangat diperlukan di tengah kondisi pandemi untuk kegiatan belajar mengajar serta menyiapkan diri dalam menghadapai era 5.0 melalui kurikulum yang berorientasi kepada pembelajaran life-skills, kolaborasi selain hard-skills dan pemanfaatan teknologi seperti Internet Of things (IoT), Artificial Intelligence, Indonesian Research and Education Network (IdRen), dan cloud computing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-19